Senin, 13 Oktober 2008

Bisnis Laundry Artis


Banyaknya para designer membuat pakaian dan bermacam jenis bahan dan agak mengesampingkan perawatannya, tampaknya ini menjadi peluang bisnis bagis Anya Dwinov. Presenter cantik ini membuka usaha jasa laundry bernama Essii Laundry di kawasan Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta selatan.

Berawal dari kebutuhannya terhadap jasa cuci mencuci serta menjadi salah satu klien perusahaaan laundry, pemilik nama lengkap Anya Dwi Novita Pahlawanti pun memutuskan terjun langsung merintis usaha tersebut.
“saat itu ada saham yang dijual oleh salah satu pemegangnya karena alasan pindah ke luar kota, maka tawaran itu diberikan kepada saya” cerita Anya membuka pembicaraan.
PT Essii International didirikan pada 24 Februari 2005 lalu, namun mulai beroperasi secara komersil sejak 5 September 2005. “Saya bergabung bulan April 2006. Jadi, laundry ini sudah lama berjalan. Sejak saat itu pula menjadi awal untuk merubah menjadi awal untuk merubah seluruh signboard dan neon box Essii laundry” jelas Anya bersemangat.
Sebagai perusahaan pendatang baru di bidang laundry and dry clean di Jakarta, Essii telah mempunyai jumlah pelanggan sebanyak 3.915 orang, terhitung Desember 2006. Apa rahasia dibalik kesuksesan usaha tersebut?. Salah satu yang diterapkan adalah menerima jenis-jenis pakaian yang dapat diproses antara lain stelan jas, celana, kemeja, mote atau payet, bahkan suede dan leather, wool, crayon, nylon, parasut.
Essii pun menerima tas branded internasional, sepatu kulit, household serta boneka. “Percayakan semua karena Essii can wash all kind of materials” kata Anya berpromosi.
Tak Hanya itu, Essii pun berani memberikan 100% guarantee bila ada terjadi kerusakan pada barang apabila ada kesalahan pada prises pencucian, bahkan tak tanggung tanggung, penggantian tersebut melebihi jasa laundry pada umumnya, yang hanya mampu mengganti 10 kali lipat dari ongkos jasanya.
“Essii berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon pelanggan dengan memprioritaskan keamanan dan kebersihan pakaian” kata perempuan kelahiran 10 November 1982 ini.
Lalu berapa investasi yang dikeluarkan ? “Wah itu rahasia perusahaan, tetapi dengan ketekunan saya dan tim sukses (karyawan) modal tersebut kembali dengan memuaskan” terang Anya.
Kini Essii mampu mempekerjakan 40 karyawan dari semua outlet yang tersebar. “ini merupakan keinginan saya untuk mempekerjakan orang lain sehingga mengurangi jumlah pengangguran dan membentuk lapangan pekerjaan baru” Hal tersebut diperluas lagi dengan membuat sistem franchise.


0 komentar:

Kata Mutiara

http://tanpatinta.blogspot.com/ Kata Bijak hari Ini: Selanjutnya

Panduan Jiwa

Coretan


Free chat widget @ ShoutMix