Kamis, 07 Agustus 2008

Inspirasi Tentang Menara Pisa


Menara Pisa, salah satu obyek wisata paling terkenal di Italia, bahkan didunia, ternyata menjadi miring karena salah bikin. Dan lebih dari itu, ternyata menara ini di bikin dalam waktu lebih dari seabad.

Manar itu dibangun lebih dari tiga tahap. Tahap pertama dimulai dari tahun 1178, yang berlangsung hingga tingkat tiga. Pekerjaan dihentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring keselatan. Pekerjaan pembangunan dihentikan hingga kira-kira 100 tahun, sebelum pada tahun 1272, tinggi menara ditambah 4 tingkat kearah berlawanan, agar menara dapat berdiri tegak.
Karena tanah disekitar menara tidak stabil, maka pembangunan dihentikan, hingga ahirnya dilanjutkan kembali pada tahun 1360, atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini pula ditempatkan ruang lonceng pada puncak menara, dan menara Pisa mendapatkan bentuknya seperti sekarang ini yang kita kenal.
Mungkinkah Menara Pisa ditegakkan? Mungkin saja. Namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun Menara Pisa ditegakkan, bagian-bagian dalam Menara akan tetap melengkung akibat dari terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya 800 tahun lebih yang lampau.


0 komentar:

Kata Mutiara

http://tanpatinta.blogspot.com/ Kata Bijak hari Ini: Selanjutnya

Panduan Jiwa

Coretan


Free chat widget @ ShoutMix